Saturday, October 24, 2020

dilarang curhat di hari minggu.


Jangan pernah merasa setiap relationship yang kamu jalani harus berakhir bahagia seperti apa yang kamu mau. Karena ketika kenyataan datang gak sesuai yang kamu mau, penilaianmu terhadap segala jenis romantic relationship akan kabur. Lebih bahayanya kamu akan menilai bahwa semua orang sama saja. Jadi Selama kamu enggan mengenal kata gagal kamu gak akan pernah siap menjalani relationship sama siapapun.

Kamu enggak sempurna, jangan merasa pasanganmu beruntung punya kamu. Jangan merasa apa yang kamu jalani harus sempurna. Dalam setiap relationship butuh dua orang yang sama-sama berjuang, sama-sama kuat. Tapi kamu juga perlu inget gak setiap perjuangan berakhir baik. Gak semua perjuangan berakhir seperti yang kita mau. Selalu ada korban. Selalu ada yang kalah.

Belajarlah untuk gak kalah terus-menerus. Pahami apa yang keliru dari relationshipmu sebelumnya atau relationship teman-temanmu. Jangan kamu ulangi. Kamu berhak menang, tapi dengan cara-cara baik, cara-cara yang bikin kamu, pasanganmu, orang-orang di sekitarmu gak menilai kamu buruk hanya karena kamu mendapatkan apa yang kamu mau dengan cara buruk.

Kamu berhak menang di saat kamu memang sudah siap dan pantas untuk dapetin semuanya, dapetin yang kamu mau, yang kamu perjuangin. Jangan lantas baru berjuang sekali kamu jadi egois untuk harus dapetin yang kamu mau. Sekali lagi, gak ada yang sempurna, bisa jadi di tengah jalan pasanganmu gak bisa toleran sama salah satu sifat kamu yang mengganggu dia. Yang sampai harus mengorbankan nilai-nilai idealnya. Kita gak boleh menoleransi sesuatu yang tidak toleran. Apalagi yang sampai mengusik idealismemu.

Kompromi perlu, sebelum kamu menginjak arah yang lebih jauh. Jangan berusaha mengenali dalam-dalam pasanganmu kalo kamu gak mengenal dirimu sendiri. Kamu harus kuat dulu, harus mengerti apa yang tidak kamu suka dan yang kamu suka. Supaya kamu paham arah, paham jalan, gak sampai bingung harus apa ketika terjadi sesuatu yang tidak kamu inginkan. Kamu punya kendali atas dirimu, jangan berusaha mengendalikan orang lain. Selain gak baik, ya itu bukan cinta.

Cinta seharusnya membebaskanmu dari belenggu dan sekat-sekat yang mengganggu pikiranmu, karena kamu punya tempat dan punya cara untuk bercerita ketika kamu ada di situasi buruk yang bisa merusak kamu dari dalam. Cinta bisa apa saja, bukan hanya perasaan kita pada seseorang. Bisa pada aktifitas, bisa pada keindahan, bahkan kamu bisa mencintai sifat seseorang tanpa terobsesi untuk memiliki.

Aku tidak sedang ingin menggurui, tapi mungkin kita sama-sama setuju bahwa setiap manusia sedang menghadapi masalah mereka masing-masing. Jangan pernah merasa spesial dan eksklusif, menganggap hanya kamu manusia yang punya masalah di dunia ini. Yang lain juga sedang berjuang dan berusaha selesai pada apa yang menyakiti mereka. Gapapa diem bentar, gapapa menghilang bentar, gapapa ambil napas dalam-dalam. Gapapa untuk gak baik-baik aja hari ini. Intinya jangan egois, karena dengan menyadari bahwa semua orang sama-sama sedang berjuang menghadapi hal-hal buruk kamu tidak akan merasa sendirian dan terkucilkan.

Jangan sampai kemalasan dan ketidak-mampuanmu untuk menghadapi kesakitan yang menjangkiti tubuh, pikiran, dan jiwamu sampai harus mengorbankan orang lain, sampai harus menyakiti orang lain. Jangan bodoh. Kamu dikasih otak untuk berpikir dan menyadari hal-hal yang sebelumnya tidak kamu pedulikan.

Kalau kamu memang tidak punya seseorang yang bisa menjadi tempatmu mencurahkan segala sesuatu yang mengganggu pikiran dan berharap tidak diberikan judgement yang justru akan membuatmu makin terpuruk, aku ada untukmu dengan tangan terbuka mendengar curhatanmu, siap menemani keluh kesahmu.

Tapi aku hanya meminta dua hal; pertama untuk tidak melupakanku saat kamu kembali pulih dan baik-baik saja. Kita pasti setuju dilupakan dan  ditinggalkan adalah hal yang menyakitkan apalagi kamu jadi aktor baik yang menyembuhkan. Yang kedua, dilarang curhat di hari minggu. Karena kadang masalah bisa kita tahan jika kita pergi tidur. Istirahat dulu, supaya besok kita bisa mulai lagi pertempuran ini dengan kondisi yang lebih sehat dan tentu lebih kuat. 

Dari aku: isi kepalamu.


Semarang, 23 Oktober 2020

 


Zahid Paningrome Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment

Ayo Beri Komentar