Sunday, September 27, 2020

Geraldine.


 

Gimana, Ge?

Masih dengan pikiran yang dulu, atau sudah berubah dan berkembang?

Gak berasa udah empat tahun, eh bentar gak enak banget manggilnya, Ge. Tapi gapapa deh, aku juga gak tahu kamu bakal baca atau enggak. Hahaha. Ya semoga kamu baca, penting soalnya ini hahaha. Gila ya, Ge. Udah empat tahun sejak kamu ngeline aku dan bilang suka sama tulisan-tulisanku di blog. Aku masih inget kamu ngirim link blogku dan bilang kalo itu bagus, aku inget banget kamu suka tulisanku yang gak banyak orang suka. Karena tulisan itu metaforik dan untuk yang tahu termasuk kamu, mereka bakal nemuin tulisan liar tentang seksualitas manusia.

Waktu itu bulan September tahun 2016, aku ada di Bandung lagi makan di Hokben, mau balik ke Semarang dari Festival Film Bandung. Tiba-tiba ada chat, dan aku gak tahu itu siapa, iya kamu pertama kali chat. Udah dua tahun juga kita gak pernah ngomong lagi. Ya mungkin karena kamu terlalu larut sama kegilaan eropa yang banyak mengubah pikiran dan lakumu. Yang sebetulnya juga gak masalah. Itu pilihanmu, aku seratus persen menghormati itu.

Ge, kamu orang pertama yang aku kasih tahu cerita tentang Popy, yang jadi orang pertama di People Series ini, aku gak tahu kenapa bisa senyaman itu cerita ke kamu tahun 2016. Itu salah satuh tahun terberatku. Tapi aku bersyukur banget bisa melalui tahun itu. Ditinggal Popy, ditinggal semua orang dari sekolah, ya kamu tahu persis cerita tentang pejabat-pejabat korup itu, aku gak perlu ngasih tahu atau ngingetin. Bisa dibilang kamu paling setia baca karya-karyaku, kecuali novel keempatku. Aku agak shock sih kenapa kamu belum baca itu. Hahaha, pengen dibaca banget, Ge. Soalnya Dhanurveda II kamu baca tapi nitip ke orang biar gak ketahuan kalo kamu yang beli. Kenapa gitu sih, Ge. Oh karena waktu dulu itu yaa. Hahaha paham-paham. I know

Aku gak mau sombong, hahaha tapi dulu kamu tergila-gila sama aku. Kalo kamu gak terima berarti kamu bohong. Kamu tuh my favourite scorpio. Sayang waktu itu kita pertama kali sama-sama tahu kamu lagi kuliah di Jerman, padahal rumah kita satu kota dan deket. Wah waktu itu aku seneng banget, Ge. Kenal kamu, tiap hari chat, sempet video call juga. Mbayangin banyak hal dari yang remeh sampe hal-hal berbau seksualitas yang gak bisa kita bagi ke orang lain.

Tapi kamu totally nyebelin, kamu bisa dibilang penggoda paling tangguh yang pernah aku kenal, brilliant dan ada di kelasnya. Waktu itu aku belum nerbitin novel Dhanurveda. Kamu supporting banget untuk ngasih semangat. Di tahun-tahun waktu aku belajar kesepian itu apa, sendirian itu gimana. Aku sejak tahu kamu, nunggu-nunggu banget supaya kita bisa ketemu. Butuh kira-kira satu tahun kemudian buat kamu balik ke Semarang. Iya selama itu, untuk aku yang bisa gila sama hubungan LDR, ketemu setahun sekali buatku neraka paling aneh.

Aku inget kita ketemu di Peacock Coffee Gajahmada, hari jumat, aku punya history untuk ngobrol lama sama orang yang menarik, ternyata aku bener selain sensualitasmu, otakmu juga menarik banget. Kamu pasti inget kita baru keluar dari Peacock sekitar jam enam sore, karena waktu itu kamu buru-buru mau ke SMAmu buat ketemu temen-temenmu. Aku paham—reuni meskipun sekarang aku yakin kamu udah gak begitu peduli sama mereka. Koreksi kalo aku salah ya. Ahahaha, sok tahuku kadang suka kelewatan. Ya kamu tahu lah, meskipun banyak benernya.

Aku inget kamu pake baju item-item yang emang favoritmu, gothic yang aku suka. Sejujurnya aku gak begitu memahami kultur itu sebelum kenal kamu. Termasuk novel Dracula yang kamu suka banget itu. Aku baca tapi gak begitu menikmatinya, ya mungkin karena di antara kita, kamu yang pikirannya paling liar dan imajinatif. Pasti kamu setuju, soal ini aku memang cupu. Kamu pasti setuju lagi. Makanya ajarin dong! Hahaha canda, Ge. Selaw. (Apasih)

Duduk berdua sama kamu itu, ngasih pengalaman banget kalo aku pernah ngobrol sama orang yang bener-bener tertarik sama apa yang aku buat, dan kamu bener-bener menggali, mengeksplore isi kepalaku. 40 hari kamu di Semarang, tiap hari selalu ketemu. Kalo dipikir-pikir ini lucu atau aneh ya kalo first kiss kita di Lawang Sewu, tempat paling tidak romantis di Semarang. Hahaha. Jelas aku masih inget, Ge. Kerasa banget suara detak jantung kita, waktu itu aku takut, karena aku tahu kamu pasti lebih jago, karena kamu di Jerman udah punya pacar dan pasti kissing adalah salah satu love language kalian berdua. Tapi aku masih inget gimana perasaanku waktu itu, bahkan bagaimana bibirmu menempel dan bermain-main di bibirku. Aku juga masih inget ciuman-ciuman kita lainnya, termasuk waktu nonton bioskop, kalo dipikir-pikir gila juga ya kita. Haha, atau pas photobox bukannya foto malah ciuman. WKWKWK

Ah kata-kataku sok puitis, harusnya people series pake kata yang biasa aja, fyi Ge. Tapi kalo aku inget kamu, sisi-sisi puitikku pasti muncul otomatis. Somehow mungkin kamu yang ngebentuk itu di diriku. Aku gak mau cerita semuanya sama apa yang terjadi di antara kita waktu itu, Ge. Hahahaha. Agak konten eksplisit, meskipun kita ya sebetulnya biasa aja sama hal-hal semacam itu.

Apa yang terjadi waktu itu aku tahu kita bersenang-senang, aku juga gak bisa berharap banyak, meski kamu selalu cerita tentang pacarmu yang orang Bandung itu tentang gimana dia, sejak itu aku percaya kamu sama ni orang gak akan putus sampe si cowo yang selingkuh duluan. Aku inget malem itu kita video call, kamu cerita kalo pacarmu ketemuan sama mantannya waktu dia di Bandung. Kamu cerita juga kebodohanmu karena nyamperin dia ke sana. Dan ngasih tahu aku kalo kamu lagi di Bandung dan minta aku buat ke sana, gak minta ding, cuma ngasih tahu, tapi aku tahu kamu berharap aku ada di sana. Ngaku! Hahaha

Tapi waktu itu aku udah mulai ikhlas aja gitu, aku juga gak akan kuat kayaknya kalo LDR beda benua plus agama pula. Kamu inget gak aku patah hati kayak gimana, padahal kamu cuma mau balik ke Jerman lagi. Nangis kan aku, cengeng emang. Parah, hari jumat juga lagi itu. Malemnya aku ngelakuin hal pertama untuk kamu, hahaha, minum bir di Mr. K, anjay banget itu, sejak minum bir sama kamu buat pertama kalinya, aku jarang minum lagi. Itu kayak persembahan yang magis aja, kayak kultur-kultur gothic gitu, Ge. Asek. Jadi aku minum bir hanya untuk peryaan-perayaan dalam diri aja. Dan setiap minum aku selalu senyum-senyum, jelas karena inget kamu.

Intinya aku seneng banget kenal dan ketemu kamu. Terlepas apa yang terjadi di antara kita sekarang. Aku juga masih suka baca cerita-cerita di blog series tentang kamu, kalo kamu lupa, ni aku ingetin, aku pernah nulis Pelacur Waktu, Amsterdam 13 derajat Celcius sama Ge. Semua cerita tentang kamu sama pacarmu yang sempat kamu ceritain ke aku. Dan honestly aku membayangkan jadi pacarmu waktu aku nulis itu. Hahaha gapapa lah ya. Sampe aku nulis Tentang Anna. Dan gak menyebut nama kamu sama sekali, lucu kalo dipikir-pikir karena aku menulis karakter “wanita jerman” aku jarang mempublish kamu, Ge.

Mungkin baru sekarang ini. Semoga kamu gak masalah, karena aku bener-bener gak tahu kamu yang sekarang itu gimana. Aku sih berharap kamu masih spontanius, smart, independent, aku masih pengen lihat seorang Geraldine yang niat nyari rumahku, ngefotoin tapi gak ketemu padahal aku gak di rumah. Tapi aku juga sadar yaa kalo manusia juga berubah. Ohiya! Baru inget, topimu masih aku simpen, hampir gak pernah aku pake. Kotaknya juga masih aku simpen, Ge. Kalo lagi kangen aku suka buka lagi, make bentar terus udah gitu doang. Makasi ya, Ge.

Udah segitu aja deh, Ge. Udah empat halaman nih, semoga kamu baca yak. Aku gak ngarepin apa-apa kok. Kamu tahu itu aku bohong, wkwkw ya paling gak bisa chatingan lagi. Ngobrol aja, gimana kamu yang sekarang. Kalo aku masih sama. Masih cupu. Gak semenarik itu. Tapi kamu berhasil melihat aku dari sisi yang paling ideal, sudut pandang yang memang aku bentuk sengaja untuk memfilter orang-orang yang akan jatuh cinta atau sekadar tertarik. Kamu ada di tempat itu, Ge. Namamu ada di persembahan skripsiku, sama nama Popy juga. Dan satu nama perempuan lagi yang bakal jadi judul ketiga setelah episode ini.

Iya, Ge. Kamu sepenting itu. Mau gak mau, entah apa yang terjadi di antara kita setelahnya. Orang-orang gak perlu tahu, dan aku yakin kamu setuju, untuk hal ini biar jadi memori yang bikin kita menyesal, atau cuma aku. Paling enggak kamu bisa senyum atau ketawa-ketawa. Semoga aja.

Terakhir, Ge. Kalo balik kabarin ya. Ada banyak hal yang belum sempet kita lakuin berdua. Kabarin aja, kayak biasanya kamu dulu. Semoga kamu masih teguh mengejar segala keinginanmu, ya. Semoga tepat dan gak salah. Miss u.


Semarang, 21 September 2020

#PeopleSeries adalah pengantar untuk novel kelimaku. Rilis setiap senin. Bercerita tentang orang-orang yang memang pengen aku ceritain. Bisa siapa aja.

Zahid Paningrome Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment

Ayo Beri Komentar